Peranan yang dapat dilakukan oleh
seorang guru untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa adalah sebagai
berikut. pembelajaran-Pendidikan
Pertama, Meningkatan persepsi siswa terhadap kemampuan guru yang
meliputi atensi dan ekspektasi. Persepsi siswa terhadap kemampuan guru
berbeda-beda ditentukan karakteristik pribadi perilaku persepsi yang meliputi
sikap, motif, minat, dan harapan. Faktor internal yang melekat dalam diri
perilaku persepsi siswa adalah belajar karena merasa perlu untuk meningkatkan
pengetahuan dan ketrampilannya. Sebagai pelaku persepsi perlu diajak mampu
berpikir logis dan rasional. Hal tersebut diperlukan agar memberikan kesan secara
objektif dan tidak terlalu dipengaruhi oleh faktor internal saja yang bersumber
pada keyakinan dan karakteristik kepribadian seseorang.
Kedua, guru harus berkualitas tinggi keilmuannya, hal ini
diperlukan agar guru mampu menyadarkan siswa terhadap adanya faktor eksternal
yang bersumber dari situasi dan lingkungan melalui proses informasi yang dapat
mempengaruhi persepsi.
Ketiga, mencairkan suasana dan kontradiksi karena bervariasinya
siswa. Siswa cenderung kontradiktif karena :
(1) di satu sisi siswa kelompok
terlalu aktif berbicara, di lain pihak ada kelompok yang selalu
diam,
(2) terdapat siswa yang bergerak
secara cepat dan sebaliknya ada pula yang justru sangat lamban, (3) siswa
merasa sudah tahu semuanya,
(4) siswa yang mengalami problema
kepribadian.
Keempat, guru tidak hanya sekedar melaksanakan tugas memberikan
bimbingan belajar tetapi harus memberikan informasi yang jelas sehingga mudah
dicerna oleh siswa.
Kelima, seleksi terhadap guru yang tidak hanya menguasai masalah
teknik, melainkan juga dituntut untuk dapat menyalurkan kemampuan dan
keterampilannya kepada siswa. Syarat sebagai guru adalah kemampuan untuk
melakukan komunikasi. Kualitas guru akan memberikan kontribusi besar terhadap
efektivitas belajar. Dalam praktik mungkin gagasan ini tidak mudah diterapkan,
karena guru yang memiliki penguasaan teknih baik dan sekaligus memiliki
kemampuan komunikasi yang baik itu jumlahnya relatif terbatas.
Keenam, guru memberikan demonstrasi dan uji coba untuk diikuti
oleh siswa. Demonstrasi tidak hanya berupa percontohan teknis, tetapi juga
menunjukan kinerja yang lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar